Minggu, 28 Juni 2009

TENTANG PROGRAM PLPBK / ND (NATA DESA)

PENDAHULUAN

Berangkat dari kedudukan, tugas dan fungsinya, sebagai Organisasi Masyarakat Warga (OMW) maka Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Ngudi Mulyo Desa Jendi, Kec. Selogiri, Kabupaten Wonogiri memberikan perhatian yang besar dalam mendukung upaya pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan kualitas kehidupan serta penghidupan masyarakat

Sebagai lembaga kepemimpinan kolektif masyarakat yang mengakar, representatif dan dipercaya, maka BKM diharapkan mampu manjadi wadah perjuangan kaum miskin dalam menyuarakan aspirasi dan kebutuhan mereka, sekaligus menjadi motor bagi upaya penanggulangan kemiskinan yang dijalankan oleh masyarakat secara mandiri dan berkelanjutan.
Untuk itu kami BKM, pemerintah desa dan semua elemen masyarakat maupun pemerintah daerah, sangat mendukung dan siap dengan segala tanggungjawab yang dihadapi dalam upaya penanggulangan kemiskinan melalui program tindak lanjut dari P2KP yang disebut Neigbourhood Development (ND), dengan penyusunan rencana Pengembangan Lingkungan Permukiman berbasis komunitas yang senantiasa memuat arahan rencana dan program-program pembangunan kawasan permukiman yang komprehensif, terpadu dan berkelanjutan dengan mengedepankan prisnsip-prinsip perencanaan partisipatif dan pendekatan Tridaya (Sosial, Ekonomi dan Lingkungan/fisik).
Untuk mencapai pembangunan permukiman yang berkelanjutan ditempuh tiga pendekatan sebagai berikut (1) Orientasi pada perubahan perilaku (attitude), (2) Orientasi pada Pengelolaan oleh masyarakat sendiri (self community management), serta (3) Orientasi pada inovasi dan kreativitas masyarakat (entrepreneurship). Sehingga program ini mampu mewujudkan Desa Jendi menjadi lingkungan permukiman yang sehat, tertib, selaras, berjatidiri dan lestari menuju masyarakat yang sejahtera.

Tujuan Pengembangan
Tujuan Umum :
Untuk mewujudkan tatanan kehidupan masyarakat yang harmonis dengan lingkungan hunian yang sehat, tertib, selaras, berjatidiri dan lestari.

Tujuan Khusus :
–Mewujudkan masyarakat Desa Jendi yang sadar pentingnya tinggal dipemukiman yang tertata selaras dengan lingkungan yang lebih luas.
–Mewujudkan masyarakat Desa Jendi yang berbudaya sehat, bersih dan tertib dalam pembangunan.
–Mewujudkan masyarakat Desa Jendi yang mampu secara kreatif dan inovatif melakukan perencanaan dan pengelolaan pembangunan lingkungan pemukiman mereka sendiri.
–Kelembagaan yang ada di Desa Jendi yang semakin mapan dan mandiri dalam memenuhi kebutuhan pemukiman sehat dan selaras dengan lingkungannya.


SASARAN Pengembangan


Sasaran Lokasi :
Wilayah desa Jendi yang terletak di kecamatan Selogiri, kabupaten Wonogiri, telah :
–Memiliki potensi dan ke khasan wilayah
–Memiliki BKM yang memenuhi kualifikasi BKM berdaya dan menuju mandiri.
–Melaksanakan kegiatan program PAKET, Chanelling Program dan kemitraan dengan pihak lain.
Sasaran Kelompok :
–Masyarakat desa Jendi utamnya kelompok miskin dengan BKM Ngudi Mulyo yang telah berdaya dan menuju BKM mandiri.
–Perangkat pemerintahan dari tingkat kabupaten, kecamatan hingga kelurahan khususnya desa Jendi yang terkait dengan penyusunan rencana tata ruang dan rencana tata bangunan dan lingkungan pemukiman serta mitigasi bencana bersama masyarakat.

Hasil yang ingin dicapai

*Rencana pengembangan lingkungan yang disusun secara partisipatif oleh masyarakat bersama pemerintah. Rencana ini meliputi :
–Rencana umum tata ruang desa.
–Rencana tata bangunan dan lingkunagan (RTBL) pemukiman pada kawasan prioritas terpilih.
*Aturan tertulis tentang pembangunan/pengelolaan pemukiman dan bencana yang disepakati masyarakat bersama pemerintah sebagai komitmen bersama.
*Lembaga pengelola pembangunan SEL (social, ekonomi, dan lingkungan) yang handal yang mampu berperan sebagai Pusat Pelayanan Masyarakat (Community Managemet) dalam memenuhi kebutuhan dan kesejahteraan masyarakat desa Jendi.
*Lingkungan pemukiman yang sehat, tertib, selaras, berjatidiri dan lestari yang dilakukan oleh masyarakat dengan bimbingan pemerintah dan dukungan berbagai pihak dengan berbagai sumber daya yang ada.

1 komentar:

  1. It's a really BAD Fact about PLP-BK. Please read@ http://irfanonview.blogspot.com/2009/12/its-big-white-lies.html

    BalasHapus